Friday, February 20, 2015

Rahasia Panjang Umur Hingga 115 Tahun

Umur seseorang memang urusan Tuhan. Bila ingin berumur panjang, ada banyak hal yang bisa dilakukan, misal aktif bergerak dan memperhatikan pola makan. Namun kadang hidup sehat pun tidak cukup. Sebab meskipun sudah rajin berolahraga dan menjaga makanan, nyatanya ada beberapa hal sepele yang ternyata berpengaruh terhadap kesehatan, terutama panjang pendeknya umur seseorang lho.

Dan Emma Morano Orang tertua kelima di dunia menceritakan kisahnya hingga dia masih bisa hidup sehap sampai berumur 115 tahu, Emma Morano, sudah berusia di atas 100 tahun. Tepatnya 115 tahun. Namun meskipun demikian, tubuhnya masih sehat bugar dan ia juga jarang sakit. Emma Morano menceritakan bahwa resepnya rahasianya sederhana adalah telur mentah.

Emma mengungkapkan telur mentah sudah menjadi menunya sehari-hari. Ia mulai melakukan kebiasaan mengonsumsi telur mentah rata-rata tiga butir per hari ini sejak remaja. Tepatnya ketika ia mulai didiagnosis dengan anemia.

"Ini berarti sepanjang hidup saya, saya sudah makan sekitar 100 ribu telur," ungkap Emma, seperti dikutip dari New York News, Jumat (20/2/2015).

Sementara itu, dikutip dari Livestrong bahwa sebutir telur mengandung 0,2 miligram riboflavin atau vitamin B-12. Vitamin ini sendiri dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pemecahan lemak, karbohidrat dan protein, sekaligus menjaga sel-sel darah dan saraf dalam kondisi sehat.

Telur juga mengandung asam folat yang membantu menjaga dan membuat sel-sel baru dalam tubuh. Sebutir telur mengandung 24 mcg folat, yang sebagian besar ditemukan dalam kuning telur. Oleh sebab itu, wanita sering disarankan untuk mengonsumsi telur untuk mencegah defisiensi zat besi dan anemia. Telur juga mengandung kolin yang bermanfaat untuk daya ingat.

Wanita yang lahir di Civiasco, Italia pada 29 November 1899 ini juga meyakini akan manfaat konsumsi telur tersebut. Oleh sebab itu ia selalu berpesan pada keponakan yang merawatnya setiap hari, Rosemarie Santoni, untuk menyiapkan telur mentah. Selain telur mentah, menu yang biasa dikonsumsinya sehari-hari di antaranya daging sapi, sup pasta dan pisang.

0 comments:


Post a Comment