Saturday, February 21, 2015

Peluang beasiswa 2015 untuk mahasiswa

Semakin hari Peluang beasiswa semakin bertambah banyak. Ini peluang bagus karena semakin banyak pula kesempatan memperoleh beasiswa tersebut. Selain beasiswa pemerintah, banyak di antaranya juga berasal dari swasta atau yayasan. Bukan soal darimananya, tapi manfaat yang didapatkan. Sebuah beasiswa penuh misalnya. Bisa menanggung biaya pendidikan penerimanya hingga ratusan juta. Sangat lumayan kan untuk menghemat biaya studi. Batasan ekonomi sering menghentikan seseorang untuk dapat melanjutkan sekolah, padahal jika kita bisa menarik sebuah kesimpulan pendidikan memang merupakan solusi jitu untuk meningkatkan status sosial dan berkehidupan layak dan memutus rantai kemiskinan yang ada di Indonesia.

Dengan mengammbil kesempatan peluang beasiswa akan membantu meringankan biaya yang harus dikeluarkan, yang penting kita harus jeli dalam mendapatkan informasi tentang berbagai macam peluang beasiswa, Berikut uraian beasiswa yang bisa menjadii referensi kita semua:

  1. Beasiswa Bidik Misi DIKTI

    Beasiswa ini diperuntukan untuk mereka berasal dari keluarga tidak mampu tetapi memiliki prestasi gemilang dalam dunia akademik dan mau melanjutkan kuliah meski tidak ada biaya hal ini dibuktikan dengan besaran penghasilan perkapita kepala keluarga, jadi harapannya melalui beasiswa bidik misi DIKTI bisa memberikan peluang baru untuk yang kurang mampu agar dapat bersekolah ke jenjang perguruan tinggi negeri. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi dapat dilakukan sejak pertama kali masuk dengan kata lain beasiswa yang diberikan 100%. Pemerintah akan memberikan dana pendidikan seperti biaya persemester, biaya kost, biaya makan perbulan dan biaya buku untuk yang lolos dalam seleksi, tentu tidak semudah itu untuk mendapatkan beasiswa ini sebab ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk informasi pendaftaran dan persyaratan dapat akses situs resmi di bidikmisi.dikti.go.id catatan beasiswa ini diprioritaskan untuk jenjang pendidikan S1.

  2. Beasiswa BBM DIKTI

    Melalui beasiswa ini tidak jauh berbeda dengan beasiswa bidik misi diperuntukan bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi tetapi berbeda dengan bidik misi, BBM mengunakan sistem beasiswa tunjangan yang diberikan setelah anda masuk kuliah dan dibuktikan dengan IPK baik untuk mengajukan. Beasiswa ini diberikan untuk mereka melalui kampus tempat anda lulus PTN. Untuk pendaftaran anda dapat mengecek setiap semester baru melalui situs resmi perguruan tempat anda kuliah, sebenarnya beasiswa ini diberikan oleh dikti tetapi tidak 100 persen dan lebih kepada beasiswa yang diberikan melalui kerjasama antara kampus dan pihak BUMN tertentu dan dinaungi oleh dikti sifatnya beasiswa untuk pembayaran semester saja kisaran besarnya 2 jutaan beasiswa ini ada di jenjang S1 dan S2.

  3. Beasiswa PPA DIKTI

    Beasiswa ini sama seperti BBM tetapi untuk PPA diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi akademik baik dan sangat baik dibuktikan dengan IPK terakhir pendaftaran sama seperti beasiswa BBM untuk melakukan pendaftaran anda dapat cek di situs resmi kampus anda, biasanya beasiswa ini diberikan kepada jenjang pendidikan S1 dan ada juga S2.

  4. Beasiswa Dalam Negeri DIKTI

    Jika informasi beasiswa diatas lebih di dominasi dengan jenjang pendidikan S1 untuk beasiswa Dalam negeri ini diberikan DIKTI untuk S2, beasiswa ini diberikan kepada mereka yang berprestasi lulusan S1 seleksi yang dilakukan sejak awal dan beasiswa ini diberikan lebih kepada biaya pendidikan untuk makan dan uang kost kembali kepada mahasiswa. Sekedar bocoran untuk beasiswa dalam negeri DIKTI ini masih sangat dikit sekali peminatnya padahal beasiswa ini diperuntukan bagi mereka yang mau melanjutkan S2 nantinya dibiayai DIKTI.

    Utuk pendaftaran akan dibuka mulai bulan Januari setiap tahun siap-siap, sedangkan untuk cara pendaftaran online Beasiswa dalam negeri DIKTI dapat langsung cek melalui situs resmi di beasiswa.dikti.go.id silahkan registrasi dan buat username dan pasword kemudian ikuti semua langkah yang ada.

  5. Beasiswa Luar Negeri DIKTI

    Kalau satu ini sama seperti sebelumnya tetapi tujuan belajar adalah luar negeri DIKTI akan menaggung biaya pendidikan anda agar dapat kuliah S2 di Luar Negeri tetapi sebelum mendaftar anda juga harus cek persyaratan sebab harus mahir berbasa inggris dibuktikan dengan hasil nilai tofel 500 dan nilai tes bahasa inggris lainya. Untuk pendaftarana online silahkan sek di beasiswa.dikti.go.id pilih portal beasiswa luar negeri.

  6. Beasiswa Talent Scouting DIKTI

    Untuk satu ini beasiswa ini diberikan bagi mereka yang sudah menjadi dosen dan ingin mengembakan kemampuan riset dibidang ilmu kalian dan melanjutkan kuliah S3 dan S2 ke luar negeri nantinya yang lulus akan mengikuti pelatihan selama beberapa hari jika semua sudah selesai baru bisa sekolah untuk jalur ini hanya dosen yang sudah mengajar saja yang bisa mendaftar ada beberapa persaratan yang bisa dilengkapi untuk informasi pendaftaran silahkan cek di beasiswa.dikti.go.id/talentscouting.

  7. Beasiswa S1 BII-Maybank

    Beasiswa S1 ini ditawarkan oleh BII-Maybank Foundation. Tepatnya BII-Maybank Foundation Scholarship. Beasiswa ditujukan bagi lulusan SLTA di tanah air yang ingin mengambil S1 dari salah satu universitas di tiga negara, yakni Indonesia, Singapura, atau Malaysia. Beasiswa BII-Maybank ini full untuk biaya studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, tiket, tunjangan buku, asuransi, biaya riset, dll. Untuk Anda yang mengincar beasiswa S1 2015-2016, coba pertimbangkan beasiswa ini.

  8. Beasiswa S1 Monbukagakusho

    Banyak negara menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing untuk kuliah di negaranya. Salah satunya Jepang. Negeri Sakura ini tiap tahun membuka beasiswa Monbukagakusho. Ada beberapa jenis. Salah satu yang cukup dikenal adalah beasiswa Monbukagakusho khusus SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan diploma (D2, D3) dan S1 di universitas-universitas Jepang. Beasiswa tersebut menyediakan pendanaan penuh untuk studi di Jepang. Biasanya beasiswa ini ditawarkan awal Mei tiap tahunnya. Bisa dipantau mulai awal tahun depan.

  9. Beasiswa S1 OTS

    Jika punya rencana kuliah di Belanda, pertimbangkanlah Orange Tulip Scholarship atau Beasiswa OTS. Beasiswa ini selain menawarkan beasiswa jenjang pascasarjana, juga tersedia beasiswa S1 bagi lulusan SLTA di tanah air. Pendaftaran beasiswa S1 2015 dari OTS justru saat ini masih sedang dibuka hingga 15 April 2015. Beasiswa OTS bisa dipergunakan untuk melanjutkan studi S1 di berbagai universitas di Belanda.

  10. Beasiswa S1 Djarum

    Beasiswa Djarum rutin ditawarkan bagi mahasiswa S1 di tanah air. Berbeda dari beasiswa di atasnya, beasiswa ini khusus ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah S1 pada semester IV. Beasiswa Djarum menggandeng sejumlah universitas di Indonesia sebagai mitranya. Jadi, harus dilihat apakah perguruan tinggi Anda termasuk di dalamnya. Nah, biasanya beasiswa ini dibuka awal April (tentatif).

  11. Beasiswa S1 ILA

    Kemungkinan besar beasiswa S1 ini ditawarkan kembali untuk 2015-2016. Indonesian Leadership Awards (ILA). Yakni beasiswa S1 yang disediakan bagi lulusan Madrasah Aliyah (MA)/SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan mereka di universitas-universitas luar negeri terbaik. Beasiswa ini didukung Kementerian Agama dan sudah mencakup biaya kuliah hingga biaya hidup di luar negeri. Tawaran bisa dicek sekitar awal Maret.

  12. Beasiswa S1 Tanoto Foundation

    Baru-baru ini, Tanoto Foundation mengumumkan beasiswanya. Beasiswa ditawarkan untuk jenjang S1 dan S2. Untuk mendaftar, pelamar memang harus mahasiswa dari universitas mitra Tanoto Foundation. Ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu disediakan pula beasiswa khusus S1 ikatan dinas. Universitasnya juga ditetapkan Tanoto Foundation. Beasiswa disediakan berupa biaya kuliah semester dan biaya hidup. Pengumuman biasanya awal November.

  13. Beasiswa S1 BCA Finance

    Beasiswa BCA Finance salah satu program beasiswa S1 yang rutin ditawarkan bagi mahasiswa di Indonesia. Kelebihannya, beasiswa terbuka untuk seluruh mahasiswa PTN/PTS di tanah air. Jika Anda sudah menginjak semester II ke atas , beasiswa ini patut dicoba. Beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah. Tahun 2014 nilainya Rp 3 juta per semester. Pendaftaran dibuka awal September. Jika punya rencana mengambil beasiswa S1 di 2015, silakan dipantau pengumumannya. Bisa saja lebih awal.

  14. Beasiswa S1 ISRA

    Anda yang ingin mendalami bidang keuangan syariah, tawaran ini mungkin tepat untuk Anda. ISRA (International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance) yang berada di Malaysia menawarkan beasiswa tersebut bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia untuk mengambil jenjang S1 dan pascasarjana di bidang syariah. Beasiswa ini didanai Bank Negara Malaysia dan dibuka tiap tahun. Beasiswa ini biasanya sudah diumumkan awal tahun.

  15. Beasiswa S1 GE Foundation

    Peluang beasiswa ini juga menarik untuk diikuti. GE Foundation Scholar-Leaders Program. Yaitu beasiswa S1 yang disediakan GE Foundation untuk mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi mitra di tanah air untuk mengikuti beasiswa tersebut. Beasiswa biasanya disediakan awal November dan terbuka bagi mahasiswa yang sudah duduk di tahun kedua kuliah (semester 3). Beasiswa yang diberikan senilai $1.200 (USD) untuk tahun kedua, ketiga, dan keempat kuliah S1.

  16. Beasiswa S1 Pemerintah Brunei

    Tiap tahun Pemerintah Brunei Darussalam menawarkan beasiswa penuh bagi mahasiswa internasional. Dalam skema tersebut juga tersedia beasiswa S1 yang dapat diambil di beberapa universitas ternama di Brunei, seperti Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Institut Teknologi Brunei (ITB). Kebetulan baru dibuka awal November dan berakhir 15 Desember 2014. Bagi Anda yang mengincar untuk periode berikutnya, bisa disimak di bulan-bulan tersebut.

  17. Beasiswa S1 Sobat Bumi

    Beasiswa Sobat Bumi ditawarkan oleh Pertamina Foundation dan tersedia bagi mahasiswa S1 untuk sejumlah perguruan tinggi mitra di tanah air. Tahun lalu pelamar beasiswa ini adalah mereka yang sedang/telah menyelesaikan semester IV di program S1. Beasiswa diberikan dalam bentuk penggantian biaya pendidikan setiap semester serta biaya hidup bulanan. Kalau berminat, bisa dicek sekitar pertengahan Juni.

  18. Beasiswa S1 Ancora – Khazanah

    Ancora-Khazanah Asia Scholarship Program. Skema beasiswa S1 ini baru saja tutup 26 November lalu. Kemungkinan akan buka lagi tahun depan sekitar Oktober atau November. Beasiswa Ancora – Khazanah ditujukan bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan S1 di universitas-universitas terbaik di Malaysia. Beasiswa diberikan penuh dan menanggung sebagian besar kebutuhan studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, tiket, dll.

  19. Beasiswa S1 Butik CIMB

    Peluang beasiswa S1 ini ditujukan buat entrepreneur muda di Indonesia. Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga. Beasiswa dibuka bagi mahasiswa yang berjiwa entrepreneur sekaligus berprestasi secara akademis. Pelamarnya merupakan mahasiswa dari universitas negri atau swasta di seluruh Indonesia mulai semester 5 pada pendidikan jenjang S1 dan/atau mulai semester 3 pada pendidikan DIII/Vokasi. Pendaftaran biasanya sudah tersedia September atau Oktober.

  20. Beasiswa Mizan

    Yang perlu juga diintip tawaran beasiswa S1 2015 adalah Beasiswa Mizan. Lebih spesifiknya beasiswa ini ditujukan bagi Anda yang tengah mempersiapkan menyelesaikan skripsi, tesis, atau disertasi kuliah. Beasiswa tugas akhir tersebut disediakan dalam bentuk bantuan dana penelitian. Yang menarik, karya tulis yang dihasilkan juga berpeluang untuk diterbitkan. Beasiswa Mizan biasanya dibuka Mei atau Juni.

  21. Beasiswa ORBIT HAH

    Beasiswa ORBIT HAH merupakan program bantuan biaya studi pelajar/mahasiswa berprestasi yang mengalami kendala dalam membiayai pendidikannya. Beasiswa ini ditawarkan Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie (YAAB-ORBIT HAH). Di periode sebelumnya, beasiswa terbuka bagi mahasiswa S1 yang diberikan dalam bentuk biaya kuliah parsial. Lumayan untuk meringankan biaya kuliah. Pendaftaran dibuka sekitar awal Juli, tentatif juga.

Sumber http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/12/beasiswa-s1-2015-2016-ini-peluangnya.html

http://www.populer.web.id/2014/11/pendaftaran-online-dikti.html

0 comments:


Post a Comment