Friday, February 20, 2015

Enam Kebiasaan Tidak Sehat setelah Berolahraga

Ada beberapa Kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan setelah selesai berolahraga membuat olahraga yang kita lakukan tidak akan ada hasilnya. Olahraga pada dasarnya adalah membuat tubuh kembali bugar dan sehat. Dengan kebugaran dan kesehatan ini, tubuh menjadi tak mudah terserang penyakit. Namun, kebanyakan dari kita tidak menyadari kebiasaan yang kita lakukan setelah berolahraga, justru tidak baik bagi kesehatan.

Olahraga pada dasarnya adalah membuat tubuh kembali bugar dan sehat. Dengan kebugaran dan kesehatan ini, tubuh menjadi tak mudah terserang penyakit. Namun, tak kita sadari kebiasaan yang kita lakukan setelah berolahraga justru tidak baik bagi kesehatan. Akibatnya, olahraga yang kita lakukan tak akan ada hasilnya. Nah, berikut ini

6 kebiasaan tidak sehat yang harus kita hindari setelah berolahraga

  1. Tidak Melakukan Pendinginan dan Peregangan

    Setelah selesei berolahraga sebaiknya melakukan pendinginan dan peregangan otot. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kestabilan detak jantung dan tekanan darah agar mengurangi resiko cedera. Selain itu, melakukan peregangan juga mencegah rasa nyeri atau sakit keesokan harinya.

  2. Merokok

    Kebiasaan yang tidak sehat dan masih dilakukan oleh sebagian orang adalah merokok. Olahraga bertujuan membuat tubuh bugar, mengeluarkan keringat yang membawa racun-racun dalam tubuh. Merokok setelah berolahraga sama halnya dengan kembali menyuntikkan racun kedalam tubuh. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi rokok.

  3. Tidak Makan Setelah Berolahraga Jangan menunda makan terlalu lama setelah berolahraga. Mulailah dengan mengkonsumsi camilan yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti kacang, yogurt atau buah. Makan setelah berolahraga membantu meningkatkan stamina pasca olahraga.
  4. Tidak Ganti Baju

    Olahraga akan menghasilkan keringat yang sangat banyak. Tidak mengganti baju setelah selesei olahraga dapat membuat tubuh tidak sehat. Selain itu, bakteri dan kuman serta jamur sangat menyukai daerah lembab seperti itu. Bahkan bagi wanita sangat rentan terkena keputihan.

  5. Tidak MandiKeringat yang terlalu lama menempel pada kulit menyebabkan rasa tidak nyaman dan bau. Selain itu, tentu akan mengundang bakteri pada kulit. Berikan sedikit jeda selesei olahraga setelah itu mandilah untuk mempersegar tubuh.
  6. Tidak Tidur dalam Waktu Cukup

    Jangan lupa untuk memenuhi waktu tidur yang cukup. Tidur dapat memperbaiki otot-otot yang rusak ketika berolahraga. Tidur dalam waktu yang cukup membuat badan terasa lebih sehat dan kuat. Kurang tidur setelah berolahraga membuat badan terasa loyo dan lemas.

0 comments:


Post a Comment