Monday, February 16, 2015

Download Terjemah Kitab Tafsir Jalalain

Tafsir al-Jalalain (bahasa Arab: تفسير الجلالين Tafsīr al-Jalālayn, arti harfiah: "tafsir dua Jalal") adalah sebuah kitab tafsir al-Qur'an terkenal, yang awalnya disusun oleh Jalaluddin al-Mahalli pada tahun 1459, dan kemudian dilanjutkan oleh muridnya Jalaluddin as-Suyuthi pada tahun 1505. Kitab tafsir ini umumnya dianggap sebagai kitab tafsir klasik Sunni yang banyak dijadikan rujukan, sebab dianggap mudah dipahami dan terdiri dari hanya satu jilid saja.

Bagi yang ingin memiliki Kitab Tafsir Jalalain bisa Download Terjemah Kitab Tafsir Jalalain. Kitab Tafsir Jalalain adalah kitab yang ditulis oleh Syekh Jalaluddin al-Mahalli dan Syekh Jalaluddin al-Suyuthi. Keduanya adalah ikatan anatara guru dan murid, awalnya kitab ini ditulis oleh Syekh Jalaluddin al-Mahalli pada tahun 1459, setelah beliau meninggal kemudian diteruskan oleh santri beliau yaitu Syekh Jalaluddin al-Suyuthi pada tahun 1505.

Demikian kitab ini dikenal dengan sebutan Tafsir Jalalain yang artinya kitab tafsir Al-Qurán yang ditulis oleh dua Imam Jalal atau Imam Jalalain. Kitab Tafsir Jalalain merupakan salah satu Kitab yang memberikan tafsir dan penjelasan lebih spesifik dalam makna Al-Qur'an. Kitab ini merupakan standar Kitab Tafsir Al-Qurán yang banyak dikaji di beberapa pondok pesantren salaf.

Biografi Pengarang Kitab Tafsir Jalalain

Kitab ini dikarang oleh dua orang Imam yang agung, yakni Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin al-Suyuthi. Jalaluddin al-Mahalli bernama lengkap Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ibrahim bin Ahmad al-Imam al-Allamah Jalaluddin al-Mahalli. Lahir pada tahun 791 H/1389 M di Kairo, Mesir. Ia lebih dikenal dengan sebutan al-Mahalli yang dinisbahkan pada kampung kelahirannya. Lokasinya terletak di sebelah barat Kairo, tak jauh dari sungai Nil.

Sejak kecil tanda-tanda kecerdasan sudah mencorong pada diri Mahalli. Ia ulet menyadap aneka ilmu, misalnya tafsir, ushul fikih, teologi, fikih, nahwu dan logika. Mayoritas ilmu tersebut dipelajarinya secara otodidak, hanya sebagian kecil yang diserap dari ulama-ulama salaf pada masanya, seperti al-Badri Muhammad bin al-Aqsari, Burhan al-Baijuri, A'la al-Bukhari dan Syamsuddin bin al-Bisati. Al-Mahalli wafat pada awal tahun 864 H bertepatan dengan tahun 1455 M.

Sedangkan al-Suyuthi bernama lengkap Abu al-fadhl Abdurrahman bin Abi Bakr bin Muhammad al-Suyuthi al-Syafi'i. Beliau dilahirkan pada bulan Rajab tahun 849 H dan ayahnya meninggal saat beliau berusia lima tahun tujuh bulan. Beliau sudah hafal al-Qur'an di luar kepala pada usia delapan tahun dan mampu menghafal banyak hadis. Beliau juga mempunyai guru yang sangat banyak. Di mana menurut perhitungan muridnya, al-Dawudi, mencapai 51 orang. Demikian juga karangan beliau yang mencapai 500 karangan. Beliau meninggal pada malam Jum'at 19 Jumadil Awal 911 H di rumahnya.

Silahkan Download Terjemah Kitab Tafsir Jalalain disini

0 comments:


Post a Comment