Monday, February 16, 2015

Download Tafsir Fi Zhilalil Quran Lengkap

Tafsir Fi Zhilalil Quran di tulis oleh Asy Syahid Sayyid. Asy Syahid Sayyid Quthb lahir pada tahun 1906 di Musyah, kota Asyut, Mesir. Ia telah bergelar hafizh sebelum berumur 10 tahun, sehingga orangtuanya memindahkannya ke Halwan, Kairo, dan masuk Tajhiziah Darul-‘Ulum. Tahun 1929, ia kuliah di Darul ‘Ulum atau Universitas Kairo dan mendapat gelar sarjana muda pada tahun 1933. Ayahnya meninggal dunia ketika ia sedang kuliah, dan ibunya pun menyusul meninggal dunia setelah kepergian ayahnya (1941). Sejak dari lulus kuliahnya hingga tahun 1951, karya tulisnya menampakkan nilai sastra yang begitu tinggi yang bercondong pada Islam. Pada tahun yang sama, sewaktu bekerja sebagai pengawas sekolah di Departemen Pendidikan, ia mendapat tugas belajar ke Amerika Serikat untuk memperdalam pengetahuannya di bidang pendidikan selama dua tahun.

Keberangkatannya ke Amerika justru memberi saham yang besar pada dirinya dalam menumbuhkan kesadaran dan semangat islami yang sebenarnya, terutama seteleah ia melihat bangsa Amerika berpesta pora atas meninggalnya Hasan al-Banna pada awal tahun 1949. Hasil studi dan pengalamannya selama di Amerika Serikat itu meluaskan wawasan pemikirannya mengenai problem-problem social kemasyarakatan yang ditimbulkan oleh paham materialisme yang jauh dari nilai-nilai ketuhanan. Sayyid Quthb kemudian bergabung dengan Ikhwanul Muslimin. Sewaktu larangan terhadap Ikhwanul Muslimin dicabut pada tahun 1951, ia terpilih sebagai anggota panitia pelaksana dan pemimpin dakwah. Selama tahun 1953, ia sering memberi ceramah di Suriah dan Yordania tentang pentingnya akhlak sebagai prasyarat kebangkitan umat.

Juli 1954, ia menjadi pemimpin redaksi harian Ikhwanul Muslimin. Tetapi baru dua bulan susdah ditutup Presiden Mesir Kolonel Gamal Abdul Nasser karena mengecam perjanjian Mesir-Inggris 7 Juli 1945. sekita Mei 1955, Sayyid Quthb termasuk salah satu pemimpin Ikhwanul Muslimin yang ditahan setelah organisasi itu dilarang oleh Presiden Nasser dengan tuduhan berkomplot untuk menjatuhkan pemerintah. Ia juga pernah dijatuhi hukuman lima belas tahun kerja berat di penjara Mesir pada tahun 1964, dan bebas atas permintaan Presiden Irak Abdul Salam Arif. Selanjutnya ia ditangkap kembali bersama tiga saudaranya yaitu Muhammad Quthb, Hamidah, dan Aminah. Pada hari Senin 29 Agustus 1966, ia dan dua orang temannya meninggal di tali tiang gantungan.

Kitab Fi Zhilalil Qur’an merupakan karya monumental Sayyid Quthb yang diselesaikan di dalam penjara, setelah sebelumnya menulis karya besar tentang al-adaalah al-ijtimaa’iyah fil-islam. Sewaktu di dalam tahanan, ia menulis karya terakhirnya, yaitu Ma’aalim fith-Thariq yang selesai pada tahun 1964. dalam buku ini, ia mengemukakan gagasannya tentang perlunya revolusi total bukan semata-mata pada sikap individu, namun juga pada struktur Negara. Selama periode inilah, logika konsepsi awal Negara Islamnya Syyid Quthb mengemuka. Buku ini pula yang dijadikan bukti utama dalam sidang yang menuduhnya bersekongkol ingin menumbangkan rezim Nasser.

Bagi yang ingin memiliki Tafsir Fi Zhilalil Quran Lengkap bisa download disini atau disini

0 comments:


Post a Comment