Friday, May 28, 2010

Pengamanan privasi facebook

Pengamanan privasi facebook sebagai salah satu langkah lebih maju yang dilakukan oleh facebook untuk melindungi penggunanya, berikut kutipan tentang tanggapan dari berbagi pihak tentang pengamanan yang dilakukan oleh facebook terutama Electronic Frontier Foundation (EFF) salh satu organisasi nirlaba nirlaba pendukung hak sipil di Internet.

"Perubahan ini bagus, namun masih banyak lagi yang diperlukan," kata Kevin Bankston dari EFF di laman organisasi itu.

"Bagaimana pun," kata Bankston, "kami masih punya sejumlah isu mendasar tentang data pengguna yang dibagi melalui aplikasi Facebook pihak ketiga dan situs lainnya. Jadi, kami berharap perubahan ini hanyalah langkah pertama."

Bankston mengingatkan, Facebook dulu mulai digemari karena menawarkan privasi yang lebih daripada MySpace dan Twitter. Seharusnya, EFF berpendapat, Facebook harus tetap berada di garis itu.

Setelan baru Facebook sekarang, menurut Bankston, belum sepenuhnya sadar-privasi. Facebook masih mewajibkan sejumlah informasi dibuka untuk publik secara otomatis. EFF mendesak, seharusnya kontrol untuk menampilkan atau tidak menampilkan data-data personal itu sepenuhnya berada di tangan pengguna.

Sementara itu, Simon Davies, Direktur Privacy International, juga mempertanyakan sejauh mana Facebook telah memperbaiki setelan privasinya. "Saya belum tahu apakah perubahan ini akan memuaskan orang," katanya kepada BBC.

Davies mengatakan konsep persahabatan Facebook bukanlah seperti di kehidupan nyata, muka bertemu muka. "Facebook memiliki pendekatan persahabatan yang monolitik. Padahal, ketika Anda membangun persahabatan, Anda juga menyesuaikan garis privasi di saat yang bersamaan. Saya harap Facebook mengikuti itu," katanya.

0 comments:


Post a Comment