Friday, May 21, 2010

Peluncuran Google Chrome OS

Peluncuran Google Chrome Operating System , Google Chrome OS yang merupakan sistem operasi open source teranyar, kehadiran Google Chrome Operating System Google Chrome OS langsung disambut hangat oleh beberapa vendor pembuat komputer, da

Raksasa asal MountainView California itu langsung beroleh dukungan dari berbagai pembuat komputer seperti Acer, Asus, Freescale, Hewlett-Packard, Lenovo, dan Toshiba.

Vendor-vendor tersebut, malahan kini tengah bekerja sama dengan Google untuk meluncurkan komputer-komputer berplatform Chrome OS. Bahkan, netbook pertama yang menjalankan sistem operasi ini, dijadwalkan bakal meluncur di akhir 2010.


Chrome OS sendiri, rencananya akan dirilis ke publik pada 2010. Namun, dalam blog resminya, Google sudah berencana untuk membuka kode sistem operasinya di akhir 2009, dengan menyediakan unduhan gratisnya secara bebas.

Dilansir dari situs BBC, Chrome OS didesain untuk bekerja dengan prosesor-prosesor Intel yang saat ini merupakan penyuplai prosesor terbesar baik untuk komputer desktop, laptop, maupun netbook.

Namun, Texas Instruments dan Qualcomm, yang merupakan perusahaan chipset untuk perangkat mobile, juga muncul di antara perusahaan-perusahaan yang bermitra dengan proyek Chrome OS.

Pada blog resminya, Google juga mengungkapkan rencananya untuk menggandeng Adobe dalam pengembangan sistem operasi ini. Kemungkinan, Google ingin agar OS-nya mampu menjalankan software Adobe Flash yang dimiliki Adobe.

Flash memang telah berkembang demikian luas dan digunakan pada banyak situs multimedia. Ia lebih populer daripada kompetitornya, yakni teknologi Silverlight yang dikembangkan oleh Microsoft.

1 comments:

ryzal said...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p
:(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))


Post a Comment