Wednesday, May 19, 2010

Menteri keuangan Agus Martowardojo

Menteri keuangan Agus Martowardojo. Agus Martowardojo yang merupakan Dirut PT Bank Mandir, merupakan orang yang paling kuat untuk duduk sebagai menteri keuangan, dan dari istana Istana mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memilih Agus sebagai menkeu baru


Dibandingkan calon lain yang sempat muncul, kata sumber tadi, Agus dinilai punya kelebihan dalam micro management. Agus dinilai paling menguasai kemampuan yang dibutuhkan di Kementerian Keuangan. Nama-nama yang sempat muncul di bursa menkeu antara lain Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Ani Ratnawati, dan Kepala Badan Fiskal Kementerian Keuangan Anggito Abimanyu.

Selain itu, secara pribadi, Agus sudah memiliki kedekatan dengan Presiden SBY. Sebelumnya, ia pernah dicalonkan menjadi Gubernur Bank Indonesia oleh Presiden, tetapi gagal karena ditolak DPR.

Pencalonan Agus juga mendapat dukungan kuat dari kalangan pengusaha karena dianggap akan bisa menggerakkan sektor riil. Kepada Kompas, Ketua Himpunan pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Erwin Aksa, Rabu, mengatakan bahwa pengusaha berharap, menkeu baru memiliki sense perbankan karena untuk menumbuhkan sektor riil perlu dukungan dari perbankan.

0 comments:


Post a Comment