Monday, May 3, 2010

Bulan Musim Hujan Meteor

Bulan April & Mei Musim Hujan Meteor, hal ini disampaikan oleh Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN, dan meteor yang jatuh pada bulan April dan Mei ini sperti meteor Sporadis, Eta Aquarids, atau Lyrids.

Bulan April dulu kita merasakan Hujan meteor jenis Lyrid, sedangkan untuk bulan Mei Jenis Meteor yang akan jatuh adalah jenis Eta Aquarids, hal ini disampaikan oleh peneliti utama astronomi dan astrofisika Lapan Prof. Thomas Jamaluddin

Lebih lanjut Prof. Thomas Jamaluddin menjelaskan kalau meteor yang jatuh di perumnas Durian sawit merupakan jenis Sporadis, jadi bisa disimpulkan bahwa jenis - jenis meteor yang jatuh pada bulan April dan Mei adalah sebagai berikut:

  • Sporadis,
  • Lyrids, dan
  • Eta Aquarids.


Selain itu ada beberapa penyebab yang menyebabkan terjadinya hujan meteor yaitu gumpalan “awan meteor” karena bumi sedang berevolusi melewati lapisan sisa debu pada lintasan komet. Sehingga ketika komet mulai mendekat areal matahari, pancaran energi matahari menguapkan dan menghamburkan gumpalan es dan debu pada inti komet yang kemudian membentuk ekor.






0 comments:


Post a Comment