Sunday, April 18, 2010

Pertamina Temukan Cadangan Gas Baru




Pertamina Temukan Cadangan Gas Baru di di Sumur Akasia Bagus (ABG)-1 dengan potensi gas sebesar 8,6 MMSCFD (juta kaki kubik per hari) dan 180 barel kondensat per hari, hal tersebut disampaikan Direktur Ekplorasi dan Pengembangan Pertamina, Syamsu Alam, dalam surat elektronik yang diterima Tempo tentang Pertamina Temukan Cadangan Gas Baru





Pemboran eksplorasi di lapangan migas yang terletak di Desa Jati Munggul, Kecamatan Cikidung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini, Pertamina EP menemukan struktur hidrokarbon yang dominasi gas. Sumur ABG-1 yang ditajak pada 5 Desember ini mencapai kedalaman 3.100 meter pada Maret 2010 dengan target utama lapisan Batu gamping Formasi Baturaja dan lapisan Formasi Cibulakan Atas dan Formasi Parigi. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi mengenai kondisi bawah permukaan sebagai gambaran untuk melakukan pemboran sumur deliniasi.



Dengan ditemukannya Cadangan Gas Baru memperkuat posisi Pertamina EP selaku produsen gas terbesar untuk kebutuhan domestik dengan tingkat produksi gas saat ini mencapai 1.058 MMSCFD (juta kaki kubik per hari).






dit

0 comments:


Post a Comment