Saturday, January 16, 2010

Mengenali Driver Kumputer



Pernahkah kita membeli kumputer ataupun Notebook bekas atau second kata orang padang, mungkin bagi kita - kita yang mempunyai uang pas - pasan sebagai alternatif untuk memiliki kumputer atau notebook, dengan membeli kumputer atau Notebook yang bekas. Sebenarnya memiliki Kumputer atau Notebook bekas tidaklah masalah, asal saja kita membeli dari orang - orang yang terpercaya, kadang - kadang kumputer atau Notebook tersebut masih layak digunakan, tetapi kadang - kadang orang tersebut menjualnya karena ingin membeli yang lebih baru, Namun ada satu kendala kalau membeli barang bekas yaitu CD driver yang sudah tidak ada lagi, kalau yang telaten mungkin CD driver masih disimpannya atau kalau yang kreatif mungkin di kopikan ke haardisk. Tapi kalau yang tidak ada itu yang harus cari, biasanya kalau orang yang baru pertama kali membeli kumputer atau notebook mareka tidak terlalu memikirkan adanya CD Driver. Sahabat kita bisa mengetahui apa jenis Driver kumputer atau notebook.

Mengetahui Jenis Driver Kumputer



Bagi kita yang belum mengetahui apa jenis driver yang terdapat dalam kumputer, bisa kita ketahui dengan cara berikut ini:

1. Mulai dari Start Klik Kanan My Cumputer
2. Setelah My Cumputer di klik Kanan ambil Propertis.
3. Ambil Hardware setelah itu klik Device Manager
4. Setelah di klik devices Manager

Langkah selanjutnya yang dilakukan untuk mengetahui driver pada kumputer.
1. Untuk Mengetahui VGA klik Display Adapters pada bawah tulisan display adapter akan tertulis jenis VGA nya.
2. Modems untuk mengetahui Modem klik modem maka dibawah modem tersebut akan tertulis modem yang terdapat pada note book tersebut.
3. Untuk Mengetahu jenis Kartu Jaringan atau LAN klik Network Adapter.
4. Untuk Jenis Kartu suara atau yang lebih dikenal dengan sound card, klik Sound, Video, and Game Controler, Ambil yang dibawah audio codec.

Setelah mengetahui jenis VGA, Modems, Kartu Jaringan, dan Sound Card catat apa jenisnya.

Cara diatas kalau kumputernya tidak ada masalah, atau cara tersebut digunakan untuk jaga - jaga kalau kumputer tersebut akan di instalasi ulang, bagaimana kalau untuk kumputer yang sudah di instalasi ulang, tentu tidak bisa memakai cara diatas karena driver nya akan terhapus.


Driver Kumputer setelah Instalasi



Untuk mengetahui driver kumputer setelah instalasi, bisa menggunakan software everesthome versi 2.20, Untuk cara penggunaan sama dengan cara diatas seperti untuk mengetahui driver pada Devices Manager, hanya perlu instalasi sebelum menggunakan software tersebut. Dan pada software ini kita langsung bisa untuk menuju situs yang mengeluarkan driver tersebut, sebagai contoh apabila driver VGAnya S3 Graphic Savages maka situs S3 Graphics akan tertulis dibawah, sehingga dengan adanya situs tersebut akan memudahkan dalam mencari driver tersebut. Untuk download software tersebut silahkan download disini.

0 comments:


Post a Comment