Friday, January 15, 2010

Mengatasi serangan virus



Virus merupakan sebuah kata yang sering kali diucapkan baik dari orang - orang dari kesehatan, ataupun orang yang berkecimpung dengan dunia kumputer baik dia sebagai programer, gamer, ataupun kita yang awam akan sering berhadapan dengan virus, dan virus merupakan sebuah momok yang menakutkan. Pengertian virus dalam ilmu biologi juga sama dengan pegertian virus dalam kumputer, mengapa seperti itu, misalnya ada sebuah virus dalam sebuah flash drive, dia akan mulai bekerja apabila ada reaksi, dalam artian virus tersebut akan bekerja apabila file tersebut diklik, jadi ketika virus dalam flash drive dan tidak diklik maka antivirus tersebut tidak akan menyebar kekumputer, sebenarnya dalam dunia kumputer bukan hanya virus saja banyak yang lain yang harus kita ketahui, sehingga dengan mengetahui bisa tahu cara mengatasi, secara umum kita mengenal seperti virus, malware, worm, ataupun trojan, dan keempat - empatnya berbeda.

1. Virus merupakan program jahat yang bukan hanya mengganggu tetapi bisa juga merusak bahkan bisa merusak suatu jaringan sehingga tidak berfungsi sampai tidak berfungsi

2. Malware atau Malecius Software merupakan sebuah program kecil, yang biasanyan digunakan untuk mata - mata, biasanya digunakan pada Handphone dengan fasilitas navigasi

3. Trojon mungkin kita ingat dengan kisah Kuda Troya dalam kisah yunani kuno, bagaimana sebuah kuda yang tampaknya tidak berbahaya, tetapi setelah dimasukkan kedalam maka trojon tersebut akan bekerja, jadi ketika mendapat sebuah aplikasi atau software jangan langsung main instalasi saja, tapi kita harus perhatikan darimana situs tersebut berasal, nanti salah - salah malah kumputer kesayangan kita yang bermasalah.

4. Worm Kalau ini sejenis virus namun tidak terlalu berbahaya dibandingkan virus, sebab biasanya ia tidak merusak

Virus Lokal dan Virus Luar



Virus Lokal dan Virus Luar merupakan suatu jenis virus yang berbeda, dan dengan mengenal perbedaaan itu pula maka penanganan dari serangan kedua jenis kumputer tersebut berbeda pula


Virus Lokal


Virus Lokal merupakan Virus yang dibuat oleh orang indonesia, jadi jangan salah - salah orang indonesia itu banyak juga yang kreatif tapi kreatif yang merugikan orang lain, Nah untuk mengenali apakah sebuah kumputer terkena serangan virus lokal dapat kita lihat dari tife serangan atau jenis serangan yang mareka lakukan, sebagai contoh untuk serangan virus Brontok serangan virus Brontok mempunyai ciri - ciri Semua Folder yang terdpat dalam kumputer akan di ubah menjadi sebuah aplikasi (aplication, untuk melihatnya Klik view dan ambil detail), dan folder asli di sembunyikan, maka ketika kita tidak tahu bahwa folder tersebut adalah folder virus maka secara otomatis virus brontok tersebut akan semakin tersebar didalam kumputer. Virus Pendekar Blank virus ini akan mengganggu sebuah system operasi tersebut, dan itu sebagian dari jenis - jenis virus dan bagaimana tife serangannya, maka untuk cara penanganannya akan berbeda dari serangan yang dilakukan oleh virus - virus luar.

1. Menggunakan Ansav, ansav yang digunakan sebaiknya gunakan ansav versi terbaru, sebab dengan versi terbaru banyak data virus yang ditambahkan dalam databasenya, sehingga apabila ada virus baru maka bisa langsung dikenali dan bisa dihapus. Ansav terbaru Versi 2.53 beta

2. Menggunakan Antivirus Smadav, smadav termasuk antivirus yang wajib diperhitungkan dalam mengatasi virus, fitur terbaru dari Smaadav adalah Smadav mampu menagatasi virus yang tidak ada dalam databasenya.

3. Untuk Serangan Brontok biasanya menyebabkan folder - folder yang terdapat dalam Kumputer akan tersembunyi, untuk mengembalikan folder - folder yang tersembunyi bisa menggunakan Plugin dari Ansav yaitu dengan menggunakan Hidden revealer.

4. Untuk Mengembalikan Data yang tersembunyi bisa juga dengan menggunakan DOS, tapi saya lebih menyarankan dengan menggunakan fasilitas plugin hidden revealer dari Ansav karena lebih mudah dan tidak terlalu rumit.


Virus Luar


Yang harus kita perhatikan, selain menggunakan antivirus lokal juga harus juga menginstalkan Antivirus luar seperti Avira, AVG, sebab Antivirus lokal tersebut hanya mampu untuk mengenali dan mengatasi virus lokal, jadi jangan beranggapan setelah kita menggunakan Ansav terbaru atau Smadav terbaru kita langsung aman, tidak antivirus tersebut hanya mampu mengatasi virus lokal. Antivirus seperti Avira, AVG memberikan fasilitas antivirus free edition yang bisa digunakan secara maksimal, cuma kalau untuk Avira waktu expired berkisar dari 3 bulan sampai dengan 2 tahun, jadi untuk kita harus memperbarui setiap sudah expired, biasanya ada terus yang free edition.

Sebaiknya gunakan antivirus sebelum expired apabila sudah expired ganti antivirus dengan versi antivirus terbaru, ini dilakukan untuk berjaga - jaga, sebab setelah terkena antivirus perlu butuh waktu lama untuk memperbaikinya, Untuk lebih mengamankan sebuah kumputer ada baiknya bagi sahabat untuk menginstalkan Antivirus lokal dan antivirus luar, seperti Avira dengan Ansav, Namun harus hati - hati ketika menginstalkan dua buah antivirus sebab ada juga dengan instalasi dua buah anti virus akan menyebabkan kumputer Hang, terutama AVG dan Ansav.

Kalau saya lebih menyarankan untuk menggunakan Avira,karena bisa dikombinasikan dengan Ansav dan ada fasilitas free edition dari Avira

0 comments:


Post a Comment