Thursday, January 21, 2010

cara untuk mempercepat download



Download mungkin aktivitas yang tak bisa kita pisahkan dari keseharian ketika kita beraktivitas dengan internet dan kitapun ingin kalau download lancar - lancar dan tidak ngadat ataupun lemot di tengah jalan. Dan Download terkadang menjadi aktivitas yang sangat membosankan apalagi kalau file yang di download berukuran besar, akan timbul jenuh menunggu selesainya download, apalagi kalau download hanya menggunakan fasilitas dari browser, maka download akan memakan waktu yang sangat lama, banyak cara untuk mempercepat download, secara umum biasnya mempercepat kecepatan download dengan menggunakan interner download manager, Downlooad Direct, atau pun Flashget, kesemuanya merupakan software yang bisa digunakan untuk mempercepat download

Dan sebenarnya ada cara lain untuk mempercepat download, dan cara ini mungkin belum ada sahabat praktekkan, caranya kita mempercepat download dengan menggunakan fasilitas addon dari mozilla, saya saja baru tahu kalau firefox mozilla mempunyai addon untuk mempercepat download, dan cara ini mungkin bisa dijadikan perbandingan, dan bisa dijadikan patokan untuk menggunakan fasilitas mempercepat download. Dalam tulisan ini saya akan membandingkan kecepatan download dengan menggunakan IDM versi 5.17 dengan menggunakan addon mozilla dengan koneksi CDMA kartu Flexi.

1. Mempercepat downlaod dengan Intenet Download Manager
dengan menggunakan Internet Download Manager, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan downlaod dengan file yang berukuran 33 MB dibutuhkan waktu hampir 43 menitcdan transper rate atau rata - rata transper hanya mencapai 17 kb/secon, untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari gamabr dibawah ini



2. Mempercepat downlaod dengan Addon Mozilla
Manager


Cara ini mungkin belum lazim atau jarang digunakan, padahal kalau dipikir - pikir addon ini sangat berguna sekali apalagi yang sering melakukan aktivitas download.
Setelah saya perhatikan antara download dengan menggunkan addon mozilla dengan IDM, dengan file dan ukuran yang sama maka waktu yang dibutuhkan hanya 12 - 20 menit bandingkan dengan IDM, yang perlu waktu 43 menit untuk menyelesaikan downlaod. untuk lebih jelasnya berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan download bisa dilihat dari gambar dibawah ini.



Sedangkan Transper ratenya bisa mencapai 42 s/d 51 kb/second, itu dengan menggunakan kartu Flexi dan koneksi dengan CDMA, untuk lebih jelasnya lihat saja gamabr dibawah ini.



Namun ada satu kelemahan dari addon mozzila adalah ketidaksatabilan ketika downlaod, sedangkan pada IDM , ketidakstabilan bisa dikatakan sangat kecil. Ya kalau mau memakai adddon mozilla ini maka IDM harus dinonaktifkan sementara waktu.

Yang terakhir kalau mau memakai addon mozilla daftar saja di

Addon Mozilla

0 comments:


Post a Comment