Saturday, August 1, 2009

PEMANFAATAN_BOKASHI_UNTUK_MEMANTAPKAN_PRODUKSI_KACANG_PANJANG

I.1. Latar Belakang
Kacang panjang merupakan salah satu jenis tanaman kacang-kacangan yang telah lama dibudidayakan. Tanaman ini mudah ditanam di lahan dataran rendah maupun dataran tinggi, baik ditanah sawah, tegalan maupun tanah pekarangan.
Dilihat dari segi permintaan kacang panjang setiap tahunnya meningkat, maka usaha budidaya kacang panjang ini sangat baik untuk dikembangkan. Selain itu produksi kacang panjang masih belum mencukupi jumlah permintaan masyarakat terhadap kacang panjang.
Dan hampir seluruh bagian tanaman kacang panjang dapat dikonsumsi. Daun, polong muda dan biji kacang panjang yang telah tua dapat dimakan sebagai sayuran.
Tanaman kacang panjang merupakan tanaman semak, menjalar, semusim dengan tinggi kurang lebih 2,5 m. Batang tanaman ini tegak, silindris, lunak, berwarna hijau dengan permukaan licin. Daunnya majemuk, lonjong, berseling, panjang 6-8 cm, lebar 3-4,5 cm, tepi rata, pangkal membulat, ujung lancip, pertulangan menyirip, tangkai silindris, panjang kurang lebih 4 cm, dan berwarna hijau.
Bunga tanaman ini terdapat pada ketiak daun, majemuk, tangkai silindris, panjang kurang lebih 12 cm, berwarna hijau keputih-putihan, mahkota berbentuk kupu-kupu, berwarna putih keunguan, benang sari bertangkai, panjang kurang lebih 2 cm, berwarna putih, kepala sari kuning, putik bertangkai, berwarna kuning, panjang kurang lebih 1 cm, dan berwarna ungu. Buah tanaman ini berbentuk polong, berwarna hijau, dan panjang 15-25 cm. Bijinya lonjong, pipih, berwarna coklat muda. Akarnya tunggang berwarna coklat muda (Hutapea et al., 1994).
Bokashi merupakan salah satu pilihan yang realistis dalam mengatasi kelangkaan dan mahalnya pupuk buatan dan untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan kebiasan petani membakar sisa panen atau jerami atau dapat mengoptimalkan limbah pertanian. Bokashi merupakan sebuah akronim dari Bahan Organik Kaya Sumber Hidupan. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan bahan-bahan organik yang telah difermentasi oleh E M 4.

I.2. Tujuan Pelaksanaan
Tujuan dari pelaksanaan Bisnis Plan ini adalah
1. Memupuk jiwa kewirausahaan mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang didapat dari materi perkuliahan.
2. Dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
3. Dapat mengetahui pemantapan produksi kacang panjang dengan menggunakan bokashi.
4. mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.





1.3. Manfaat usaha dari sisi Ekonomi
Dari segi ekonomi budidaya kacang panjang dengan areal luas yang membutuhkan tenaga kerja sehingga secara tidak langsung akan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan petani.
1.4. Manfaat Sosial
Dengan adanya lapangan pekerjaan yang baru maka secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Sahabat kalau membutuhkan file secara lengkap silahkan download disini, jangan lupa tinggalkan komentarnya untuk kemajuan blog kita ini.


http://www.indowebster.com/PEMANFAATAN_BOKASHI_UNTUK_MEMANTAPKAN_PRODUKSI_KACANG_PANJANGrar.html

0 comments:


Post a Comment