Monday, March 23, 2009



Jadwal nyala dan mati ponsel K-Touch A650 bisa diatur dengan fasilitas Schedule On/Off. Penggunaan fasilitas ini menghemat daya tahan baterai

Sejak awal kehadirannya 2007 lalu, vendor K-Touch masih tetap eksis meramaikan pasar ponsel Tanah Air. Produk terbaru yang dirilis adalah K-Touch A650. Desain K-Touch A650 cukup nyaman ketika digenggam. Yang patut disayangkan adalah ukuran tombol navigasi bagian bawah ukurannya kecil dan sangat memungkinkan terjadinya salah tekan. Letak slot memori eksternalnya juga tidak ergonomis, sebab letaknya ada dibawah baterai dan ponsel harus dalam keadaan mati jika ingin memasukkan memori tambahan.

Sama seperti ponsel-ponsel K-Touch pendahulunya, seri ini juga mempunyai fasilitas pengamanan pada menu Business Zone. Fasilitas ini sangat membantu untuk menjaga privacy penggunanya. Fasilitas lain yang dibenamkan adalah E-Book Reader. Dengan fasilitas ini file berformat txt dan pdb bisa dibaca di layar ponsel. Tak ketinggalan pula fasilitas lainnya seperti musik dan video player untuk hiburan dikala senggang

Layar
Penggunaan layar TFT 262 ribu warna terbilang pas untuk ponsel di kelasnya. Layarnya yang berukuran 2,4 inchi menunjang kenyamanan mata saat mengakses semua fitur yang tersedia, khususnya saat melihat hasil jepretan foto serta rekaman video. Kemampuan layar sentuh cukup sensitif ketika digunakan untuk mengakses fitur-fitur.
Pengujian :Mengakses fitur di bawah cahaya lampu.
Nilai : 3,4
Catatan : Wallpaper bisa diganti -ganti dengan sensor gerak.

Schedule Power On/Off
Untuk menghemat penggunaan baterai, pengguna bisa mengontrol waktu hidup dan mati ponsel dengan fasilitas Schedule Power On/Off. Fasilitas ini dapat diakses pada menu pengaturan telpon. Pengguna diberikan pilihan untuk mengaktifkan slaah satu fungsi saja atau keduanya sekaligus.
Pengujian : Menyalakan menu ponsel aktif pada pukul 16.20.
Nilai : 3,1.
Catatan : Saat menyetel jadwal ponsel mati, ponsel akan memberikan alert konfirmasi.

Video Player
Nilai lebih untuk fasilitas video playernya adalah tersedianya fitur slow motion. Video hasil rekaman bisa disaksikan dengan durasi lambat, sehingga terlihat lebih detil. Format video yang diputar adalah MPEG4 dan H263. Di layar ponsel, masih terdapat gambar yang patah-patah saat memainkan hasil rekam video.
Pengujian : Penggunaaan fitur slow motion pada video player.
Nilai : 3
Catatan : Ikon slow motion ditunjukkan dengan gambar orang sedang berlari.

Konektivitas
Akses koneksi dirancang cukup ideal. Saat ponsel terhubung ke PC, selain sebagai charger, bisa berfungsi sebagai flash memori layaknya perangkat USB. Konektivitas lain untuk sekedar bertukar gambar atau musik ke ponsel, bisa mengandalkan bluetooth.
Pengujian : Waktu yang dicapai ketika memindahkan file musik ke ponsel lain
Nilai : 3
Catatan : Agar mudah dikenali saat pairing, sebaiknya nama devicenya diganti.

Internet
K-Touch A650 sudah mampu berjalan pada jaringan GPRS. Penggunaan jaringan GPRS bisa dipilih saat jaringan memungkinkan, atau saat diperlukan saja. Ketika diuji untuk mengakses situs Yahoo! Membutuhkan waktu sekitar 7 detik. Browser K-Touch A650 terletak di menu Toolbox.
Pengujian : Kinerja browser saat mengakses halaman Yahoo!
Nilai : 3
Catatan : Perlu dilakukan setting operator sebelum menggunakan fasilitas internet.

Messaging
Karakter penulisan pesan SMS maksimalnya adalah 612 karakter. Selain SMS juga ada fasilitas MMS dan pesan broadcast yang bisa dimanfaatkan. Untuk mengetik pesan bisa menggunakan keypad dan keyboard virtual pada layar sentuh. Sayangnya ukuran karakter pada keboard virtual kecil-kecil. Dan mata harus tetap jeli agar tidak terjadi salah ketik.
Pengujian : Kapasitas penyimpanan pesan di ponsel.
Nilai : 3 Catatan : Pesan yang masuk bisa disimpan dalam ponsel atau memory card.

Kamera
Keunggulan kamera K-Touch A650 adalah keberadaan lampu flash untuk pemotretan dalam keadaan gelap. Pengaturan yang tersedia terbilang cukup lengkap, mulai dari white balance, frame, effect dan night mode. Tombol akses langsung untuk menggunakan kamera ada di sisi kanan ponsel.
Pengujian : Kualitas hasil jepret kamera pada resolusi tertinggi dan kualitas terbaik pada layar komputer :
Nilai : 2,9
Catatan : Tersedia fasilitas image tile untuk mengatur format cetak foto hingga 9 gambar.

Kinerja
Meski bukan ponsel yang tercanggih, semua fasiltas yang disediakan berfungsi dengan baik. Fitur multimedianya cukup lengkap, hanya saja pemutar musik kualitas suaranya masih terdengar cempreng.

Nilai Akhir: 2,9

Kinerja Baterai
Keterangan vendor yang kami dapatkan waktu siaga ponsel ini hingga 120 jam dan waktu bicaranya hingga 3,5 jam.

Bisa di lihat disini

Hasil Pengujian
Dalam keadaan siaga selama 3 hari baterai masih bisa bertahan menyisakan 1 bar diantara 3. Bekal baterai 800 mAh, sebenarnya masih kurang pas dengan banyak fitur multimedia yang dibenamkan. Apalagi jika intensitas penggunaannya sering.

0 comments:


Post a Comment